9 Mei 2014

Sejarah Perkembangan Arsitektur Minimalis

    Berbeda jauh dengan karya-karya John Pawson yang dikatakan sebagai guru "Minimalisme". sebagai seorang desainer interior ia memang berhasil, terlihat dari desain rumahnya yang minim garis. Ide-ide interiornya menghadirkan desain yang hening, murni dan indah.
     Tapi untuk skala yang lebih besar konsep minimalis ala John sudah kurang murni lagi penerapannya. Desain Arsitektur minimalis ala John Pawson terlalu banyak menyembunyikan elemen dalam rancangan desainnya. Akibatnya dari segi biaya bisa menjadi sangat mahal, karena harus menghilangkan atau menutup pandangan dari berbagai utilitas.
     Konsep hunian minimalis banyak muncul dinegara Swiss karena Negara ini mengajarkan kehidupan yang sangat disiplin, sangat hemat dan hidup sederhana yang simple. Pola Hidup mereka mampu melahirkan gaya arsitektur baru sehingga melahirkan kecenderungan dan pilihan-pilihan terhadap bentuk hunian sebagai akibat budaya.
     Kultur atau Budaya juga menyumbangkan konstribusi kedalam kecenderungan arah mana penerapan arsitektur minimalis. seperti halnya di semenanjung Liberia, Spanyol, Portugal. Banyak bangunan vernakuler mereka yang simpel. mungkin disebabkan karena mereka dulu belum cukup kaya sehingga mengambil bentuk yang sederhana.
     Minimum menjadi tujuan, pada dasarnya dia adalah ornamen juga akhirnya, dan minimalis dapat dijadikan sarana mengurangi kekeliruan dalam rancang bangun.

Tidak ada komentar: